Salah satu contoh RPP yang pernah kubuat saat PPL II:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIS Bahauddin
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV-1/I
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran @ 35 menit
I. Standar Kompetensi
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota
dan provinsi
II. Kompetensi Dasar
III. Indikator
·
Mendefinisikan peta
·
Mengategorikan jenis peta
·
Mendeskripsikan komponen peta
IV. Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat mendefinisikan
peta secara tepat
dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
¨ Siswa dapat mengategorikan
jenis peta secara
tepat dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
¨ Siswa dapat mendeskripsikan
komponen peta secara
tepat dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun (diligence),
Jujur (fairnes) dan Ketelitian (carefulness)
V. Materi Pokok
- Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana
VI. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Kegiatan awal (10 menit)
-
Tanya jawab seputar peta dan simbolnya.
-
Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Merauke. ”
·
Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
- Membagi siswa menjadi
beberapa kelompok.
- Menjelaskan tentang peta lingkungan
setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana secara Disiplin (discipline ) dan
perhatian (respect).
- Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya, secara hormat dan perhatian (respect).
- Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
- Memfasilitasi peserta didik
dalam membaca peta lingkungan (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan
skala sederhana dengan
cara melakukan tindakan disiplin (discipline), tekun (diligence),
jujur (fairnes) dan teliti (carefulness).
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
- Menugasi siswa membaca
lambang/simbol pada peta.
- Menunjukkan tempat-tempat
penting dalam peta.
- Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis.
- Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
- Memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
- Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
- Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok.
- Memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
- Meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
·
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Memberikan simpulan terhadap
hasil pembelajaran dan menyampaikan informasi pembelajaran berikutnya.
VII.
Alat dan Sumber Bahan
- Alat Peraga/Media : Gambar peta/atlas/globe
- Metode pembelajaran: tanya jawab, diskusi, dan penugasan
- Sumber : Buku IPS
kelas IV SD/MI
Buku
pendamping yang relevan
VIII. Penilaian
Format Kriteria Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
-
Mendefinisikan peta
-
Mengategorikan jenis peta
-
Mendeskripsikan komponen peta
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Apakah yang dimaksud dengan peta?
Ada berapa jenis peta? Apa saja?
Sebutkan komponen peta!
Sebutkan dan gambarkan simbol dalam peta yang kamu ketahui!
Pewarnaan biru pada peta menunjukkan . . . . .
|
Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi )
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2 1 |
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan penuh
* Pengetahuan sedang
* Pengetahuan sedikit
* Sikap (bekerjasama)
* kadang-kadang Sikap (kadang bekerjasama)
* tidak Sikap (tidak bekerjasama)
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
|
- Rentang penilaian:
1 = 0 – 25
2 = 26 – 50
3 = 51 – 75
4 = 76 - 100
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Sidoarjo,
12 Juli 2012
Guru Pamong Guru Praktik
Roudhotus Sholichah, S.Ag Wiwin
Wulandari
Mengetahui,
Kepala MIS Bahauddin
Nurul Huda, S.Ag
NB: Eitz..., ada materinya yang berkaitan dengan RPP di atas (E-Book yang dibuat dari program Kvisoft FlipBook Maker) juga lho! download
0 komentar:
Posting Komentar