Senin, 03 Desember 2012

RPP & Materi "IPS kelas IV Materi awal"

Salah satu contoh RPP yang pernah kubuat saat PPL II:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            :   MIS Bahauddin
Mata Pelajaran           :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester         :   IV-1/I
Alokasi Waktu            :   2 jam pelajaran @ 35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.   Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.    Kompetensi Dasar
1.1  Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
III. Indikator
·         Mendefinisikan peta
·         Mengategorikan jenis peta
·         Mendeskripsikan komponen peta
IV. Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat mendefinisikan peta secara tepat dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
¨      Siswa dapat mengategorikan jenis peta secara tepat dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
¨      Siswa dapat mendeskripsikan komponen peta secara tepat dengan Ketelitian (carefulness) setelah mendengar penjelasan guru
    Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin (discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun (diligence), Jujur (fairnes)  dan  Ketelitian (carefulness)
V.    Materi Pokok
-         Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana
VI.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·        Kegiatan awal (10 menit)
-         Tanya jawab seputar peta dan simbolnya.
-         Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Merauke. ”
·         Kegiatan inti (50 menit)
              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-     Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
-     Menjelaskan tentang peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana secara Disiplin (discipline ) dan perhatian (respect).
-     Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya, secara hormat dan perhatian (respect).
-     Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
-     Memfasilitasi peserta didik dalam membaca peta lingkungan (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana dengan cara melakukan tindakan disiplin (discipline), tekun (diligence), jujur (fairnes)  dan  teliti (carefulness).
              Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-     Menugasi siswa membaca lambang/simbol pada peta.
-     Menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta.
-     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
-     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
              Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-     Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-     Meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
·         Kegiatan Penutup (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-     Memberikan simpulan terhadap hasil pembelajaran dan menyampaikan informasi pembelajaran berikutnya.
VII.          Alat dan Sumber Bahan
-        Alat Peraga/Media      : Gambar peta/atlas/globe
-        Metode pembelajaran: tanya jawab, diskusi, dan penugasan
-       Sumber            : Buku IPS  kelas IV SD/MI 
                              Buku pendamping yang relevan
VIII.       Penilaian


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
-       Mendefinisikan peta

-       Mengategorikan jenis peta
-       Mendeskripsikan komponen peta
­      Tes Tulis
­      Uraian
­      Apakah yang dimaksud dengan peta?
­      Ada berapa jenis peta? Apa saja?
­      Sebutkan komponen peta!
­      Sebutkan dan gambarkan simbol dalam peta yang kamu ketahui!
­      Pewarnaan biru pada peta menunjukkan . . . . .

Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3

2

1

Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.
Pengetahuan





Sikap


* Pengetahuan penuh
* Pengetahuan sedang
* Pengetahuan sedikit
* Sikap (bekerjasama)
* kadang-kadang Sikap (kadang bekerjasama)
* tidak Sikap (tidak bekerjasama)
4
2

1

4

2


1


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.






CATATAN :
- Rentang penilaian:
            1 = 0 – 25
            2 = 26 – 50
            3 = 51 – 75
            4 = 76 - 100
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                    Sidoarjo, 12 Juli 2012
Guru Pamong                                                            Guru Praktik

Roudhotus Sholichah, S.Ag                                     Wiwin Wulandari
Mengetahui,
Kepala MIS Bahauddin

Nurul Huda, S.Ag


NB: Eitz..., ada materinya yang berkaitan dengan RPP di atas (E-Book yang dibuat dari program Kvisoft FlipBook Maker) juga lho! download

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Winda's home