Senin, 03 Desember 2012

RPP & Materi "Bahasa Indonesia kelas IV Materi awal"

Dik, Mas, Mbak, Pak, Buk, dkk..... yuk... mari... kita sama-sama belajar membuat RPP!

Ehm..., apakah anda ingin melihat materi (E-Book) yang berkaitan dengan RPP ini?
Ya kah? Klik saja di sini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah       :   MI "Salafiyah" Bahauddin
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :  IV-1/I
Waktu                    :   2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
B.     Kompetensi Dasar
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar

C.    Indikator
-         Mendengarkan tentang penjelasan petunjuk arah (denah) yang dibacakan guru
-         Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
-         Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
-         Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
D.    Tujuan Pembelajaran
-         Siswa mendengarkan dan mampu menjelaskan petunjuk arah (denah) yang dibacakan guru dengan Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Berani (courage) secara tepat setelah mendengar penjelasan guru
-         Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan denah secara tepat setelah mendengar penjelasan guru
-         Siswa dapat membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar secara tepat setelah mendengar penjelasan guru
-         Siswa dapat menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat secara tepat setelah mendengar penjelasan guru
  Karakter siswa yang diharapkan:     Dapat dipercaya (trustworthine), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage) dan Ketulusan (honesty)

E.     Materi Pokok
-         Gambar / Denah
F.     Metode Pembelajaran
-         Tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
-         Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi  dan Motivasi:
-          Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat
-          Bertanya jawab seputar denah yang diamati
-         Kegiatan Inti (50 menit)
       Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-     Menjelaskan materi tentang denah
-     meminta siswa untuk mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru secara perhatian (respect)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
-     Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage) dan Ketulusan (honesty)
-     Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
-     Siswa membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
-     Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang  dibuat sendiri
           Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-     Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-     Meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
-         Kegiatan Penutup (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-     Memberikan simpulan terhadap hasil pembelajaran
-     Memberikan informasi tentang materi pembelajaran berikutnya
H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
-   Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru
-   Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
-   Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
-   Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
Tes tulis dan penampilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
·  Jelaskan secara lisan mengenai denah yang kalian buat!


-         Gambar denah buatan sendiri    
Aspek Penilaian
Hasil/Nilai
Keterangan
1.  Kesesuaian gambar dengan petunjuk
     yang dibacakan
2.  Tanda penunjuk arah ke sebuah lokasi



-         Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas
Aspek Penilaian
Hasil/Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian



I.       Sumber / Alat
-         Buku paket Bahasa Indonesia kelas 4
-         Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3

2

1
Performansi 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.



3.
Pengetahuan






Praktek



Sikap
* Pengetahuan (memahami)
* kadang-kadang Pengetahuan (agak memahami)
* tidak Pengetahuan (tidak memahami)

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap (aktif berpartisipasi)
* kadang-kadang Sikap (kadang-kadang berpartisipasi)
* tidak Sikap (tidak aktif)
4

2


1

4
2
1

4


2

1
LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = (Jumlah skor: jumlah skor maksimal) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                    Sidoarjo, 14 Juli 2012
Guru Pamong                                                            Guru Praktik

Roudhotus Sholichah, S.Ag                                     Wiwin Wulandari
Mengetahui,
Kepala MI "Salafiyah" Bahauddin

Nurul Huda, S.Ag

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Winda's home